- GIAT SMANSABO

Rapat Pleno Komite SMA Negeri 1 Bojong Tahun Pelajaran 2016/2017

Peranan orang tua siswa sebagai patner sekolah dalam mendidik anak-anak tidak bisa dipisahkan. Bahkan orang tualah yang hakikatnya memiliki peran utama dalam pendidikan. Sedangkan guru hanya sebagai fasilitator, pembimbing, atau dengan kata lain sebagai orang tua kedua di sekolah. Sehingga banyak orang tua justru menyerahkan sepenuhnya segala macam pendidikan baik intelektual, spiritual dan juga keterampilan pada guru disekolah. Untuk mengubah persepsi tersebut maka penting sekali sekolah menyelenggarakan pertemuan bersama orang tua wali murid di awal tahun ajaran. Selain dibuat kesepahaman dalam mendidik anak-anak juga dijabarkan kegiatan-kegiatan sekolah yang akan diselenggarakan sekolah.

Dengan demikian guru dan orang tua dapat bersinergi dan mengembangkan komunikasi horizontal bersifat kekeluargaan dalam mendidik anak-anak. Apa yang dilakukan siswa di sekolah perlu diketahui orang tua. Dan begitu juga sebaiknya, lingkungan keluarga siswa perlu diketahui guru untuk mengidentifikasi berbagai persoalan yang bisa muncul dalam perjalanan pendidikan nantinya.

Pendidikan itu butuh keteladanan. Keteladanan yang pertama dilihat oleh siswa adalah perilaku orang tua di rumah. Anak-anak adalah peniru yang handal. Jika orang tua tidak hati-hati maka secara tidak langsung akan membarikan dampak terhadap perkembangan anak didik. Inilah yang perlu disadari kedua belah pihak. Makanya guru dan orang tua dapat berjalan bersama dan bekerjasama dalam mendidik anak-anak generasi penerus bangsa.

Berkenaan dengan hal tersebut, kepala SMA Negeri 1 Bojong mengundang orang tua / wali murik kelas X serta beberapa perwakilan kelas XI dan XII untuk membahas 2 (dua) permasalahan, yaitu tentang tentang upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Bojong dan uapaya pengembangan sarana/prasarana. Pengembangan sarana/prasarana yang dimaksud adalah perluasan ruang aula dan pengadaan komputer untuk persiapan ujian nasional berbasis komputer atau yang lebih dikenal dengan istilah Computer Basic Test (CBT).

Dalam  sambutannya, Bapak Kepala  SMA Negeri 1 Bojong, Heris Samekto, S.Pd., MM., menjelaskan kepada orang tua/wali  siswa, dan mengharapkan kepada orang tua wali siswa untuk memantau, memperhatikan anaknya dalam belajar dirumah dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, serta memperhatikan tata tertib di sekolah juga tata tertib di jalan (kegiatan setelah selesai jam pembelajaran), karena tanpa bantuan orang tua/wali siswa tak mungkin siswa akan sungguh sungguh belajar. Maka disamping belajar di sekolah di rumahpun siswa dengan pantauan orang tua diharapkan pada saat ini untuk belajar lebih giat dan jangan melalaikan diri dengan hal-hal yang tidak perlu. Hadir dalam acara tersebut seluruh anggota komite sekolah dan didampingi para wakil kepala serta wali kelas X.

Facebook Comments

Tentang Abd Rozak

Baca semua info dari Abd Rozak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *