- GIAT SMANSABO

Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)

Tanah kami adalah keringat kami
Tanah kami adalah kehidupan anak cucu kami
Tanah kami adalah sandaran hidup kami
(Penggalan puisi karya Alm. Bapak Edi Riyanto)

“Tak ada yang sulit jika kita mau berusaha, keberhasilan tidak hanya dilihat dari hasil akhirnya saja melainkan dari proses dalam menjalani setiap ujian”.

Pendidikan merupakan alat dan sarana yang bisa digunakan untuk membuka gerbang ilmu pengetahuan sehingga pendidikan memiliki peran yang sangat peting. Proses belajar dapat menjadi kunci pokok para pembelajar karena dapat membuka ilmu pengetahuan. Pendidikan memiliki tujuan yang palik pokok yakni menciptakan sesorang yang berkualitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas untuk dapat mencapai suatu cita-cita yang diharapkan karena pendidikan memberikan motivasi kepada diri kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan.

Senin 18 Juli 2016 adalah hari pertama masuk sekolah, ribuan siswa berbondong-bondong untuk segera memasuki sekolah. Tanah SMA Negeri 1 Bojong adalah saksi bisu perjuangan dari siswa siswi beserta pengabdian Bapak dan Ibu guru. Pada saat pembinaan upacara bendera Bapak Heris Samekto, S.Pd., M.M membuka acara Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) sekaligus mengucapkan selamat datang kepada seluruh kelas X yang merupakan peserta didik baru di SMA Negeri 1 Bojong. Selain itu, Bapak Kepala Sekolah juga menyampaikan keapada siswa siswi SMA Negeri 1 Bojong agar bisa disiplin dan mengikuti kegiatan di sekolah dengan baik.

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah ini diikuti oleh 262 siswa. Setelah upacara selesai seluruh Bapak dan Ibu guru diminta untuk berbaris dan berjabat tangan dengan siswa sementara seluruh kelas X diarahkan ke aula untuk mendapatkan materi dari Bapak dan Ibu Guru. Materi yang disampaikan diantaranya adalah tata tertib sekolah, visi misi sekolah, tujuan sekolah, bimbingan konseling SMA, administrasi sekolah, pendidikan budi pekerti, dinamika kelompok, kurtilas, penilaian pendidikan, wawasan wiyata mandala, bahaya rokok dan narkotika, pembinaan berkendaraan bermotor dan keselamatan lalu lintas, pengenalan Intra dan ekstrakurikuler sekolah, pengenalan prestasi non akademik, pengenalan sarana dan prasaran sekolah, kewirausahaan, penanggulangan Bencana alam serta game.

Selain itu, kegiatan ini juga didampingi oleh Polsek Bojong, Dinas Kesehatan Kab. Tegal, Tim SAR/BPBD Kab. Tegal. Harapannya siswa baru tidak hanya mengenal lingkungan sekolah saja tetapi juga dapat mengenal bagaimana tata tertib di luar sekolah sehingga dari hal ini karakter siswa sudah mulai bisa dibentuk agar bisa lebih baik lagi serta berguna bagi nusa dan bangsa. (Imada)

Facebook Comments

Tentang Abd Rozak

Baca semua info dari Abd Rozak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *