- GIAT SMANSABO

Pengawas SMA Kab. Tegal Lakukan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) di SMAN 1 Bojong

Info SMANSABO | Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menilai kinerja dari kepala sekolah. Kepala Sekolah sebagai pimpinan tertingi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah. Secara umum tugas-tugas kepala sekolah itu tertuang dalam standar minimal prosedur yang digolongkan menjadi tujuh pokok, yaitu kepala sekolah sebagai pendidik (edukator), kepala sekolah sebagai manajer, kepala sekolah sebagai administrator, kepala sekolah sebagai supervisor (penyelia), kepala sekolah sebagai leader (pemimpin), kepala sekolah sebagai inovator, dan kepala sekolah sebagai motivator. Dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut tentunya seorang kepala sekolah dibantu oleh wakil-wakil kepala sekolah yang terdiri dari 4 (empat) bidang yaitu bidang kurikulum, bidang kesiswaan, bidang sarana dan prasarana, dan bidang hubungan masyarakat (humas).

Penilaian kinerja kepala sekolah di SMA Negeri 1 Bojong dilakukan oleh Pengawas SMA Kabupaten Tegal yang terdiri dari 2 (dua) orang, yaitu Bpk. Budi Raharjo, S.Pd., M.Pd. dan Bpk. Drs. Daryono, M.Si. yang penilaiannya dilakukan secara langsung berupa butir-butir pertanyaan kepada kepala sekolah dengan melibatkan wakil kepala sekolah sebagai sumber informasinya, sementara penilaian yang melibatkan guru dan pegawai diberikan dalam bentuk angket. Setiap butir pertanyaan yang terjawab disertai bukti fisik, terutama fisik secara administratif, yaitu berupa laporan kegiatan.

Dalam kesempatan itu Bpk. Heris Samekto, S.Pd., MM. yang merupakan kepala sekolah SMAN 1 Bojong Kab. Tegal memberikan penjelasan dan himbauan kepada wakil kepala sekolah yang bertanggung jawab secara langsung terhadapnya, bahwa penilaian kinerja kepala sekolah itu merupakan bentuk evaluasi hasil kerja tim. “Penilaian ini kita jadikan evaluasi juga terhadap hasil kerja kita sampai sejauh mana, apabila ada administrasi yang belum lengkap, maka segera dilengkapi dengan baik dan benar sehingga apabila suatu saat dibutuhkan untuk keperluan seperti akreditasi dan lain sebagainya, kita tidak kesulitan”. tutur kasek.

Pernyataan yang tidak kalah menarik juga terucap dari Bpk. Budi Raharjo, S.Pd., M.Pd., bahwa secara umum melalui informasi publik website Info SMANSABO dirinya melihat informasi-informasi tentang SMA Negeri 1 Bojong Kab. Tegal yang cukup menggambarkan majunya perkembangan SMAN 1 Bojong di bawah pimpinan Bpk. Heris Samekto, S.Pd., M.Pd., namun demikian gambaran tentang kemajuan SMAN 1 Bojong itu perlu dibuktikan dengan adanya bukti fisik atau dokumen sebagai pendukung dari apa yang digambarkan di website tersebut. “saya sering melihat informasi-informasi tentang SMAN 1 Bojong melalui website, baik kegiatan sekolah, siswa, guru dan pegawai, semuanya bagus. Namun itu semua harus didukung dengan bukti dokumen, karena jika tidak akan menjadi masalah”. Katanya dalam kesempatan memberikan sambutan sebelum penilaian dimulai.

Selain Pak Budi, Pak Daryono pun berkesempatan memberikan sambutan yang salah satu diantara kata penting sambutannya yaitu beliau mengatakan “tidak ada di alam raya ini suatu kejadian yang tiba-tiba, semuanya pasti ada sekenarionya, dan Allah SWT lah yang telah memberi sekenario sehingga pada hari ini kita dapat bersilaturrahim bersama keluarga SMAN 1 Bojong Kab. Tegal”. Lebih lanjut Pak Daryono memberi pernyataan bahwa penilaian yang sedang dilakukan itu merupakan wujud silaturrahim dalam rangka pembinaan kinerja.

Setelah memberikan sambutan atau mukadimah, masing-masing pengawas memberikan penilaian dengan pedoman sesuai petunjuk dan instrumen yang berlaku. Penilaian secara langsung dengan model pertanyaan melibatkan wakil kepala sekolah bersama tim sebagai responden. Adapun para wakil kepala dan tim itu ialah Bpk. Samsul Arifin, M.Si. dan Ibu Nursobah, S.Pd. (tim kurikulum), Bpk. Anna Susanto, S.Pd., Bpk, Ma’mun Nasir, S.Pd., dan Ibu Annisa Sholihati Agmi, S.Pd. (tim kesiswaan), Bpk. Za’farul Aziz, SE. dan Bpk. Bambang Irawan, S.Pd. (tim sarpras), Ibu Sri Rezeki, S.Pd. (tim humas).

Acara penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) di SMAN 1 Bojong Kab. Tegal berjalan dengan lancar dan secara umum bernilai baik tapi ada beberapa yang perlu digarisbawahi yaitu terdapat beberapa kegiatan yang belum disertai dokumen pendukung, oleh karenanya pengawas berpesan kepada kepala sekolah agar dapat segera membuat dokumen yang dimaksud agar kelat tidak menjadi sebuah masalah. (abd)

Facebook Comments

Tentang Abd Rozak

Baca semua info dari Abd Rozak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *