BERITA/ARTIKEL

PKKS SMAN 1 Bojong Kab. Tegal : Mulai Program, Pelaksanaan, dan pelaporan sudah Berjalan dengan Baik

Info SMANSABO – Penilaian Kinerja Kepala Sekolah atau disingkat dengan (PKKS) ini merupakan kegiatan rutinitas tahunan yang didesain untuk menilai kinerja dari kepala sekolah. PKKS ini juga merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugas, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu pendidikan. Atas dasar itulah menjelang akhir tahun 2021 atau ahir semester 1 tahun pelajaran 2021/2022, Kinerja Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bojong Kab. Tegal dinilai oleh seorang pengawas SMA wilayah Kab. Tegal yang merupakan kepanjangan tangan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, pada selasa 09 November 2021.

Dialah Bapak Drs. Daryono, M.Si., seorang pengawas yang bertugas sebagai tim PKKS di SMA Negeri 1 Bojong Kab. Tegal yang menilai kinerja Bapak Drs. Sunarna, MM. selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bojong Kab. Tegal pada selasa 09 November 2021 di ruang kepala sekolah.

Paparan program sekolah oleh Drs. Sunarna, MM.
Paparan program sekolah oleh Drs. Sunarna, MM.

Tepat pada pukul 09.00 WIB, Bpk. Daryono telah hadir di ruang rapat dan disambut langsung oleh Kepala Sekolah dan unsur-unsur wakil kepala sekolah (Waka Kurikulum Samsul Arifin, S.Si., M.Pd., Waka Kesiswaan Iwan Widyanto, S.Pd., M.Pd., Waka Sarpras Drs. Harsono, dan Waka Humas Sri Rezeki, S.Pd.), serta Plt. Kepala Tata Usaha Dra. Shamratuljanah. Selain menyambut, unsur-unsur penting penunjang kinerja kepala sekolah itu juga mempersiapkan dokumen pendukung/portofolio secara lengkap, detail, dan akurat yang memang telah dipersiapkan jauh sebelum pelaksanaan.

Acara PKKS berlangsung secara sederhana di ruang rapat kepala sekolah dan yang diperkenankan hadir pun hanya unsur-unsur tertentu saja, mengingat masih dalam kondisi covid-19, namun kegiatan pada hari itu tetap dikemas secara formal dengan seremonial acara pembukaan, sambutan dan doa.

Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan ucapan selamat datang kepada penilai dan selanjutnya elanjutnya beliau memaparkan berbagai capaian program kerja sekolah dalam masa pandemi covid 19 di semester ganjil TP 2021/2022. Sebagian besar Program tersebut mengutamakan pelayanan pembelajaran secara online, pemenuhan sarana pendukung pembelajaran online serta sarana protokol kesehatan dalam masa pandemi covid 19. Beliau juga menyampaikan bahwa untuk mendukung program tersebut, diperlukan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dalam penguasaan IT sebagai penunjang kegiatan pembelajaran dan juga penilaian online.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh penilai yang intinya adalah mengapresiai kemajuan IT SMA Negeri 1 Bojong Kab. Tegal yang ternyata melebihi ekspektasi yang diharapkan. Oleh karena itu pihaknya akan terus memberi dukungan untuk kemajuan SMA Negeri 1 Bojong Kab. Tegal.

Sambutan penilai tidak begitu panjang lebar, selanjutnya lebih mengarah ke penilaian yang pada intinya terdapat beberapa kompetensi yang dinilai dalam PKKS tersebut, yaitu Kompetensi Managerial, Kompetensi kepribadian, Kompetensi Kewirausahaan dan Kompetensi sosial.

Kegiatan berlangsung selama tiga jam. Sebelum ditutup, kepala sekolah memberikan apresiasi kepada penilai atas seluruh upaya yang telah dilakukan. Apresiasi yang sama juga diberikan kepada unsur-unsur penunjang kinerja kepala sekolah yang diwakili oleh wakil kepala sekolah dan Plt. Kepala Tata Usaha. Semua dokumen/portofolio tersedia secara detail, dan akurat serta setiap pertanyaan bisa dijawab dengan tepat yang menunjukkan bahwa program, pelaksanaan, dan pelaporan SMA Negeri 1 Bojong Kab. Tegal melalui kepala sekolah telah berjalan dengan amat baik. (AR/zack2205)

Bagikan Info:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *